Manusia Setengah Salmon, komedi penggalauan.


manusia setengah salmon, adalah novel terbaru yang ditulis oleh Raditya Dika yang launching pada tanggal 26 Desember 2011 lalu.
well, gue baru beli tanggal 20 Januari 2012, mulai baca tanggal 23 Januari 2012 dan selesai 8 jam kemudian.
novel ini buat gue sangat unik. dikemas dalam nuansa komedi nan mampu mengocok perut, tapi sekaligus mampu menyentuh labirin otak terdalam yang pada akhirnya menjalar ke hati dalam bentuk "galau"..!
di novel ini diceritakan tentang kehidupan si raditya dika (RD), yang tak ubahnya seperti ikan salmon.
selalu berpindah, bergerak maju, apapun tantangan di depan.
yah pokoknya baca langsung aja ya novelnya, ga bakal rugi kok..

yang menarik buat gue itu di bab Manusia Setengah Salmon itu sendiri, yang sekaligus menjadi bab terakhir di buku ini.
disini diceritakan saat RD dan sang pacar menghadiri pernikahan salah satu temannya si RD.
tak ayal RD pun bertemu dengan sohib sohib nya yang juga ikut menghadiri pesta perniakahan.
disana RD menemukan perubahan perubahan yang terjadi pada teman-temannya.
rata-rata mereka semua sudah berumah tangga, bahkan ada yang telah memiliki baby.
semua itu membuat RD berpikir, betapa mereka semua hijrah, seiring dengan berjalan nya waktu kita pun akan melewati fase-fase kehidupan ini.

dan itulah yang membuat gue galau.
setiap kita akan "berpindah" dari satu tahap kehidupan ke tahapan selanjutnya.
namun hal itu menyebabkan kegalauan maksimum di hidup gue.
gue, sebagai anak bungsu, cucu bungsu, terbiasa berada di zona aman.
gue adalah satu-satunya anggota keluarga yang rutin menerima kado ulang tahun dari keluarga sampai gue putuskan untuk ga mau lagi terima kado ultah.
gue ga perlu mengeluarkan usaha ekstra untuk mobilisasi, soalnya bokap selalu siap nganterin gue kemana aja.
tapi sekarang, seiring berjalannya waktu yang menggerogoti pelan-pelan, gue ga lagi bisa bertahan di zona aman itu.
sekarang gue mulai terlibat, dalam perencanaan, pengambilan keputusan dalam keluarga.
tachi (kakak perempuan) gue, yang biasanya 24 jam stand by buat gw, sekarang udah punya "seseorang" yang siap melanjutkan tugas papa.
gue sekarang diharapkan untuk bisa survive. berjuang untuk diri sendiri.
setelah bertahun-tahun berada di zona aman.
-_-
ga cukup sampai disitu.
entah kenapa, gue selalu merasa masih kecil..
kayak, "It's okay if i did'nt do this, i aint that old anyway" ato "It's okay if i didnt do this, theres someone else older than me, will do this for me.."
gitu lah keadaan gue kalo udah di rumah.. -_____-

gue, saking merasa masih sebagai anak-anak, merasa hidup itu begitu panjang.
namun sekarang, satu-satu anggota keluarga gue mulai "menghilang".
menyisakan dua generasi terbaru, sebelum akhirnya muncul lagi anggota keluarga nan baru.

sungguh waktu itu ilusi optik yang canggih luar biasa.
kita selalu merasa dia bergerak dalam slow motion, namun sesungguhnya dia berlari menyaingi cahaya.
gue sungguh ingin menjadi ikan salmon.
memang berat cobaan yang ada di depan, namun dengan terus bersemangat dia bermigrasi dari air tawar ke air asin demi satu tujuan, yaitu bertelur.
gue pun harus kayak gitu,
tentu aja halangan dan rintangan di depan ga kalah banyak dari ikan salmon,
tapi gue akan terus bersemangat untuk terus meng-update diri, bermigrasi menjadi pribadi yang terpuji, demi satu tujuan, yaitu masuuuk surgaaaaaaaaa...

kkkkkkk
:D


let's be salmon togetha.. :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Story Night : Miracles in Jakarta by Ust. Nouman Ali Khan

New Movie and New Patronus!

Question - Discussion