GPTP Batch V

Halloooooooo...
Udah berapa purnama yang gue lewatin, dan blog ini ga juga ke update... #aadc2

Lama banget yaaaaah kayaknya, sampai ada moment-moment kehidupan gue yang terlewatkan begitu aja tanpa sempat gue abadikan di blog ini, kayak biasanya :)

Seperti judul blog ini, bagi yang belum tau, GPTP itu adalah Great People Trainee Program, semacam Management Trainee yang dimiliki Telkomsel.
Alhamdulillah semenjak 1 April 2016, gue resmi bergabung di GPTP Telkomsel angkatan atau Batch ke 5.
Mungkin kalau ada yang baca postingan gue sebelumnya, gue udah pernah cerita kalau setelah wisuda kemarin gue langsung gabung sama XL.
Well, gue bahagia-bahagia aja sebenarnya di XL, gue nyaman kerja di sana, environment nya seru banget, level stres nya tinggi banget tapi ga kerasa karena emang fun banget. (kebanyakan "banget" banget yaah?!)
Nah, terus kenapa gue pindah ke Telkomsel? Ada beberapa alasan personal siiih, gue juga ga mau bahas di sini haha
Jadi kalau ada yang mau sharing-sharing, langsung japri aja kali yaaaa :)

So, di postingan kali ini gue bakalan share proses gue, mulai dari tes-tes tahapan pertama, hingga gue dinyatakan lulus sebagai salah satu anggota GPTP Telkomsel Batch 5 :)

Mulai dari tahap pendaftaran online. Saat itu gue emang menanti nanti kapan GPTP ini buka pendaftarannya, yang sempat gue bahas juga sama Mba Andin (salah satu tim gue waktu di XL).
Pucuk dicinta ulam pun tiba, sorenya abis kita ngobrolin itu, malemnya gw liat japrian entah di grup line yang mana, tentang pembukaan pendaftaraan onlinenya GPTP ini.
Gue inget banget pendaftarannya dibuka tanggal 31 Desember 2015 sampai minggu ke dua Januari.

Ga terlalu berharap lulus karena kepotong long weekend tahun baru, gue akhirnya mendapat email, invitation untuk ikut psikotest di PSJ FIB UI. Dengan berbekal izin setengah hari, gue ikut tuuh psikotest nya, ketemu beberapa teman-teman dari TIUI jugak..
Psikotestnya lumayan mumet laaah. Gue lupa berapa lama waktu testnya, pokoknya selesainya jam 1 lewat deh.
Psikotestnya itu kebanyakan logic gitu deeh, gambar gambar sekuens yang diputer-puter, plus tes pauli atau tes koran, daaan english.

Well, karena gue ga terlalu pede sama gambar yang diputer-puter ituu, gue pun rada pesimis untuk lanjut ke tahap berikutnya. Sesuai schedule jadwal interview bakal diumumin seminggu setelah psikotest. Walaupun ga terlalu yakin, gue tetep aja menunggu-nunggu jadwal pengumuman itu datang.

Setelah menunggu-nunggu, akhirnya jadwalnya keluar, dan gue lolos psikotest dan ikut tahap tes berikutnya yaitu interview. Dan yang paling seru adalah ternyata jadwal interview gue itu barengan sama temen gue satu Batch di XL, yaitu Kadek!
Jadi ceritanya gue di interview dari jam 2 sampai jam setengah 3, dan Kadek dari jam setengah 3 sampai jam 3.

Hmmm, pengalaman waktu di interview lumayan deg-degan siiiih. Apalagi interviewnya full English. Gue di interview sama Mba Tuty. Ditanyain kenapa pindah dari XL, kegiatan apa aja di luar kuliah, trus siap ga ditempatin di Papua, dan sebagainya.
Yang failnya adalah ketika gue ditanyain masih jomblo apa enggak. Entah karena gue jawab dengan cara yang menyedihkan, alhasil interviewer gue malah ngetawain nasib gue yang jomblo ini :(

Nah setelah interview ini, drama pun dimulai....
Karena gue merasa fail pas ngejawab status gue itu, dan gue pikir saingan gue di luar sana itu pasti bakalan keren keren banget, gue jadi super pesimis dan melloooooow di hari-hari menjelang pengumuman lulus interview atau enggak.
Ditambah lagi, dengan Kadek yang ada interview lanjutan sama user lain dua hari setelah interview pertama, bikin gue tambah pusiiiiing.
Makan tak nikmat, kerja tak mantap, galau sepanjang hariiiii......

Setelah frustasi menanti kabar yang tak kunjung datang, dan memposisikan diri sebagai salah satu peserta yang tidak lolos ke tahap selanjutnya, ternyata Tuhan lagi-lagi kasih kejutan super buat gue.
Sekitar jam setengah 8, pas banget gue baru nyampe kosan, gue lagi buka-buka forum kaskus untuk GPTP, gue nerima email dari HCM, isinya invitation untuk ikut medical test 2 hari setelahnya.
Gue super shock, rasanya kayak aspal super panas disiram air tau gaa, nyeeeeeees, semua beban diangkat dari pundak gueeeee, ploooooooong bangeeeet setelah digantungin beberapa lama...
Ga tau kenapa gue langsung nangis, hahahaha, trus sujud syukur, trus masih sempat-sempatnya ngomong "Lama banget siiiiih ya Allah ngasih kejutannyaa, capeeek" hahaha
Emang yaaah, kita tuh ga boleh suudzooon ama Allaaaaah.... Rencana-Nya tuh luar biasaa loooh...

Ga terlena dengan ucapan orang-orang di sekitar gue yang bilang kalo udah ampe med-check pasti bakalan lolos, gue tetep menyerahkan segalanya ke tuhan siiih. Apapun bisa terjadi kaaan sebelum signing contract.
Medcheck gue berjalan lancar, walau harus disuntik beberapa kali karena pembuluh darah gue ga ketemu ketemu haha.
Dan berhubung gue lagi dapet, maka tes urin gue harus di pending dan gue harus balik lagi ke klinik di hari hari minggu nya saat gue udah suci kembali..
Yang paling fail adalah ketika gue medcheck hari pertama itu, lagi-lagi gue izin setengah hari, ketika medchecknya udah selesai gue meninggalkan KTP, yang dititipkan ke petugas selama rangkaian tes, dan gue harus balik lagi ke klinik nya untuk ngambil.
Well, lumayan mahaaal yah ongkos gojeknyaaaah....

Medcheck adalah rangkaian terakhir tes GPTP ini. Jadi gue lagi-lagi harus deg-degan nunggu pengumuman iniii. Jadwal pengumuman pun sempat ditunda beberapa hari, yang membuat gue, dan tachi agak-agak senewen gara-gara deg-degan hahaha

Nah setelah penantian panjang, akhirnya entah hari apa, tapi jam 5 sore, pengumuman itu akhirnya keluar di website recruitment. Dan nama gue ada di sanaaa :)
Ada 175 orang yang diterima, walaupun ga semuanya yang ambil...
Gue happy bangeeeeet, bersyukur bangeeeeeeeet,, lega bangeeeeeet, ga nunggu nunggu lagiiii....

Jadi total ada , 5 tahapan :
1. Pendaftaran Online
2. Psikotest
3. Interview 1
4. Interview 2 (optional)
5. Medical Check

Dan ke lima tahapan itu meninggalkan pengalaman-pengalaman yang unik dan super berkesan buat gue :)
Nah gitu deh cerita proses gue sampai akhirnya diterima sebagai salah satu anggota GPTP Batch 5 atau yang kita-kita sekarang sebut sebagai #FutureHeroT5el :)

Note :
Setelah dapet pengumuman lulus itu, gue pun dihadapkan dengan bentuk tes yang lain, yaitu mengajukan resign dari XL :'')
Gue pengen banget nyeritain farewaell week or day gue di XL di satu postingan khusus...
So stay tuuune yaaaaaaaah...

Komentar

  1. Ka bisa minta alamat emailnya gak?? ada yang pengen aku tanyakan makasih sebelumnya ka ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, maaf baru balas yaa..
      email aja ke raovinahaq@gmail.com :)

      Hapus
  2. selamat ya kak udah lulus di gptp batch v
    kasih dong info tips dan trik ny utk interview
    thanks kak

    BalasHapus
  3. Mbak, kemarin waktu batch v, dari penutupan pendaftaran online sampai dikabari via email untuk psikotes itu jangka waktu berapa lama ya? Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Story Night : Miracles in Jakarta by Ust. Nouman Ali Khan

New Movie and New Patronus!

Question - Discussion