Monoply

ini menarik, karena ini adalah postingan kedua gue tentang matkul PIE nya buk Isti, PA gue..
hihihi :D

sekarang gue mau cerita tentang monopoly competition..
nah apasih monopoly itu?
monopoly competition itu adalah situasi dimana hanya ada satu produser yang menghasilkan suatu produk. dia the only one. sehingga si perusahaan ini bisa menentukan harga pasar, dengan kata lain dia bisa disebut sebagai 'penguasa' dari produk itu.
monopoly ini terjadi karena adanya peraturan pemerintah, kemampuan teknologi dan lainnya.

nah yang menarik kali ini adalah, saat di slide gue ngeliat kalimat yang, katakanlah unik, sehingga hal itu menarik perhatian gue, dan syaraf syaraf halus di otak gue langsung bekerja yang  memberikan efek gue jadi senyum senyum sendiri (maksudnya bukan gila loh yaaa).

di slide itu disebutkan, secara definisi : "Monopoly terjadi karena tidak adanya substitusi"

maksudnya jelas lah yaaa, kan juga udah dijelasin kalo monopoly ini cuma ada satu perusahaan yang memproduksi suatu barang, maka jelas ga ada substitusi nya.

nah, lagi lagi gue ingin menghubungkan hal ini (lebih tepatnya dengan sotil menghubung hubungkan) dengan kondisi di sekitar gue.
hahaha
yak, benar sekali, most of them itu hatinya udah ada yang monopoly, ga ada substitusi..
sebenernya hal itu baik ga sih?

seperti yang udah dijelasin buk Isti, ga selamanya monopoly ngasih untung ke perusahaan, bisa juga rugi sebenernya di lapangan.
nah gimana dengan hati yang di monopoly?
wah gue ga bisa menjawab hal itu, soalnya juga itu pasti analisis nya bakalan panjang banget, dan ngalahin pembahasan soal pajak kali yaa..
hahahaha
jawab masing masing aja kalii yaaa...

baiklahh, materi kali ini selesai.
gue the author, cabs..!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Story Night : Miracles in Jakarta by Ust. Nouman Ali Khan

New Movie and New Patronus!

Question - Discussion