[Review] Tetralogi Poetry Book - by Lang Leav


Haihai, kali ini gue mau ngereview secara singkat Tetralogi Buku Puisi nya Lang Leav.
Tetralogi nya Lang Leav itu judulnya adalah : Love & Misadventures, Lullaby, Memories, dan The Universe of Us.

First of all, gue mau share dulu kenapa gue bisa tau dan baca buku ini.
Jadi, gue sering banget ngeliat temen2 cewek gue yang bilang ke gue atau nge post di IG Story atau Twitter, yang bilang poetry series nya Lang Leav ini bagus banget!
Dan gue pun penasaran dong jadinyaaaa..
Awalnya cuma beli Love & Misadventures, lalu suatu hari gue kalap beli 3 buku sisa nya sekaligus di Periplus hmmmmmmmm

Nah, gue mau review apa pendapat gue tentang series ini secara general yah, bukan per buku, karena pe-er juga kalau review per buku nya haha.

Secara general gue bisa bilang bahwa, Lang Leav gagal jadi salah satu penulis favorit gue :)
Yak benar, itu artinya series ini menurut gue overrated banget. Mau tau kenapa?

- Rima yang dipaksakan
Puisi ataupun prosa modern itu rhyme free. Artinya ya Bebas aja, ga terikat pada jenis rima apapun.
Tapi kalau mau pakai rima, ya jadinya harus ikut aturan dong. Kenapa kalau kita memutuskan menggunakan rima, kita harus ikut aturan mainnya? Karena aturan inilah yang bakal bikin puisinya bagus, enak dibaca, dan ga bikin sakit kepala pembaca.
Nah untuk poin ini, Lang Leav menurut gue udah sukses banget bikin gue sakit kepala.
Terutama di Lullaby, dimana banyak banget tulisan nya dengan rima-rima tanggung, rima-rima yang ga cocok, yang bikin gue uring-uringan, dan emosi banget pas baca.
I mean, kenapa harus ngotot pakai rima sih, saat modern prose itu ngasih kebebasan buat kita sebebas bebasnya??

So far, masalah Rima ini crucial banget buat guee..
Walaupun ga semua tulisan nya begini ya, ada juga yang bagus dan rima nya masuk kok..
Tapi ya gitu, gue ga prefer lah dengan kalau Lang Leav coba pakai rima gini.

Nah hal yang gue suka adalah saat Lang Leav pakai story-telling style..
Menurut gue, ketika Lang Leav pakai style ini, banyak hal-hal baru yang fresh yang dia sampaikan.
Dan jujur aja, beberapa dari tulisan dia dengan style ini berhasil bikin gue baper.

Style ini paling banyak Lang Leav gunakan di buku nya yang ketiga, Memories.
That's why, sampai saat ini, buku yang paling gue suka adalah Memories.

One of my faves in Memories

Okaaaayyy, gue rasa segini dulu deh reviewnya hehe
Karena di awal gue udah bilang kalau mau ngereview singkat aja kan yaah haha..

Sooo, from 1 to 10, my average rate for these series is 6.5.
I'm not recommending it for you, but if you're really curious then just read it :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Story Night : Miracles in Jakarta by Ust. Nouman Ali Khan

New Movie and New Patronus!

Question - Discussion